1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak

 Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.

Filosofi Pemikiran KI Hadjar Dewantara

Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. Ki Hadjar Dewantara memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.

Ki Hadjar menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: "menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, pendidik itu hanya dapat  menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan  tumbuhnya kekuatan kodrat anak”

Nilai dan peran guru penggerak

Pendidikan diharapkan melahirkan generasi penerus yang kompeten dan memililki karakter Profil Pelajar Pancasila. Sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. merdeka belajar bertujuan bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yang Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Mandiri, Gotong royong, Bernalar Kritis, Kreatif, Dan Berkebhinekaan Global, maka dibutuhkan pendidik yang terampil dan berkompeten sehingga mampu berkontribusi secara aktif dalam mewujudkan profil tersebut. Nilai dan guru penggerak antara lain:Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif Berpihak pada murid

Inkuiri Apresiatif

Inkuiri Apresiatif dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA yang berusaha fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap anggota dan menyatukannya untuk menghasilkan kekuatan tertinggi. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Dengan demikian, dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan.

Tahapan BAGJA

Inkuiri sebagai salah satu model manajemen perubahan di sekolah dan dapat diterapkan melalui tahapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).

Visi murid merdeka

Menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid sepertinya sudah menjadi hal yang umum diinginkan semua pihak. Visi merupakan impian/harapan cita-cita yang ingin dicapai oleh warga sekolah. Visi sekolah dijadikan sebagai cita-cita bersama warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan pada masa yang akan datang, mampu memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan. Visi saya sebagai pendidik ingin “Mewujudkan generasi mandiri yang sehat, cerdas ceria, berkarakter dan berakhlak mulia.” Disini dibutuhkan peran dan fungsi pemangku kepentingan untuk mewujudkan visi sekolah, maka pendidik dan sekolah dapat memetakan pihak pihak yang terkait untuk ikut mewujudkan visi. Dengan memetakan kekuatan pemangku kepentingan sesuai peran dan tanggungjawabnya.

Implementasi Perubahan positif yang diperlukan di sekolah

Memperhatikan visi yang sudah terbentuk, diperlukan implementasi perencanaaan dan strategi untuk melaksanakannya. Perubahan positif yang dapat dilakukan disekolah saya terkait visi adalah sebagai berikut:

1.        Pembiasaan akhlak mulia pada anak didik

2.       Pembentukan karakter mandiri disekolah

3.       Program menjaga lingkungan yang sehat, indah, aman dan nyaman bagi anak didik

4.       Menumbuhkan cinta budaya daerah sesuai potensi anak

5.       Merealisasikan visi murid merdeka

Rancangan Tindakan Aksi Nyata

Alur Bagja Untuk Rancangan Aksi Nyata

 "Pelibatan Orangtua dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah sehat yang indah, aman, dan nyaman untuk anak didik"

PRAKARSA

PERUBAHAN

Pelibatan Orangtua dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah sehat yang indah, aman, dan nyaman untuk anak didik

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

·           Apa saja yang dapat dilakukan demi mewujudkan lingkungan sehat yang indah?

·           Kegiatan apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkan lingkungan sehat yang indah?

·           Siapa saja yang dapat terlibat dalam upaya ini?

·           Kapan waktu pelaksanaan yang ideal?

·           Apa saja yang saya butuhkan dalam kegiatan ini?

·      Mengidentifikasi keadaan lingkungan sekolah.

·      Berdiskusi dengan teman sejawat dan menggali informasi dari orang tua

·      Mengajak kolaborasi teman sejawat, orang tua dan stakeholder lainnya

·      Mencari hari sebelum pelaksanaan penerimaan raport

·      Mencari referensi di internet, dan sumber informasi lainnya

A-mbil pelajaran (Discover)

·           Manfaat apa yang dapat diperoleh anak didik pada kegiatan ini?

·           Apakah kegiatan ini efektif untuk mewujudkan lingkungan sehat?

·           Aktifitas belajar apa yang dapat saya berikan kepada anak didik, pada kegiatan ini?

·           Keterampilan apa yang saya miliki untuk menciptakan lingkungan sehat?

 

·      Diskusi dengan teman sejawat, dan orangtua sesuai filosofi KHD

·      Bertukar pendapat dengan orangtua, dan mencari informasi pada sekolah yang telah melaksanakan kegiatan ini

·      Berdiskusi dengan teman sejawat tentang aspek perkembangan anak

·      Refleksi diri sendiri dan menamung pendapat teman

G-ali mimpi (Dream)

·           Apakah anak didik akan menyukai kegiatan ini?

·           Apakah lingkungan sehat ini dapat menjadikan anak nyaman belajar?

·           Apakah dengan kegiatan ini merdeka belajar dan potensi anak akan terwujud?

·           Apa tindak lanjut dari program ini jika berhasil?

·      Membuat data dari testimony anak didik

·      Mengumpulkan data dari pendapat berbagi pihak

·      Menentukan aspek perkembangan anak yang dapat dimunculkan

·      Melakukan perawatan dan pemeliharaan lingkungan

J-abarkan rencana (Design)

·           Apa langkah yang saya ambil untuk mewujudkan kegiatan memperindah lingkungan sekolah sehat?

·           Apa target yang ingin dicapai?

·           Kapan pelaksanaan kegiatan ini?

·           Bagaimana cara untuk memberi motivasi pada anak didik?

·      Mengajak teman sejawat membuat perencanaan

·      Mendefinisikan lingkungan sehat, indah dan nyaman

·      Mengidentifikasi kalender pendidikan

·      Merancang kegiatan kolaborasi bersama bunda/ orang tua

A-tur eksekusi (Deliver)

·           Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? berperan sebagai apa saja?

·           Kapan dilaksanakn kegiatan ini?

·           Siapa yang akan membantu saya  merancang lingkungan yang sehat dan indah?

·           Bagaimana cara kerja kegiatan ini?

·           Kapan waktu yang tepat untuk dilakukan?

·      Mengajukan perencanaan kepada Kepala sekolah, mengajak teman sejawat dan orang tua.

·      Mengidentifikasi kalender pendidikan sebelum akhir semester

·      Mencari bakat setiap guru di lembaga, memberi kesempatan orang tua untuk ikut andil dalam kegiatan

·      Mengajak orangtua anak untuk aktif dalam penyediaan materi sampai pelaksanaan

·      Sebelum kelulusan akhir semester


LATAR BELAKANG

1. Vakumnya kegiatan parenting dikarenakan masa pandemic yang berkepanjangan

2. Memberdayakan lahan kosong disekolah

3. Mengupayakan lingkungan sehat yang indah aman dan nyaman bagi warga sekolah

4. Mendukung upaya pelaksanaan merdeka belajar bagi anak

Tujuan:

1. Melibatkan orangtua sebagai asset pendukung visi sekolah

2. Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, indah, aman dan nyaman

3. Mengajarkan anak untuk peduli lingkungan

4. Menanamkan karakter  profil pelajar pancasila gotong royong

Mewujudkan suasana belajar berpusat pada anak

Langkah langkah tindakan

1. Mengajukan izin kepada kepala sekolah

2. Merancang kegiatan bersam teman sejawat

3. Sosialisasi kepada orang tua/ wali murid

4. Realisasi kegiatan

5. Dokumentasi

6. Apresiasi

7. Refleksi

Indikator Keberhasilan

Terwujudnya lingkungan sekolah sehat yang indah, aman dan nyaman untuk anak didik dan seluruh warga sekolah

 Video Koneksi Antar Materi


Salam Bahagia

Salam Merdeka Belajar

TERIMAKASIH KEPADA 

KELUARGA BESAR PAGUYUBAN WALI MURID

TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 LAWANG





Komentar

  1. BAGUS Bu telah memahami materi antar modul , semoga segera mengimplementasikan di sekolah daa lingkungannya

    BalasHapus
  2. Luar biasa ibu, sangat menginspirasi. Semoga segera terwujud impian ibu di sekolah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

3.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi - Kerja Kelompok