1.3.a.9. Koneksi Antar Materi - Visi Guru Penggerak
Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.
Filosofi Pemikiran KI Hadjar
Dewantara
Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam
masyarakat. Ki Hadjar Dewantara memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia
yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya.
Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai
kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.
Ki Hadjar menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: "menuntun
segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan
dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai
anggota masyarakat. Oleh sebab itu, pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat
yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup
dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak”
Nilai dan peran guru penggerak
Pendidikan diharapkan melahirkan generasi penerus yang kompeten dan
memililki karakter Profil Pelajar Pancasila. Sebagai pelajar sepanjang hayat
yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. merdeka
belajar bertujuan bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yang Beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Mandiri, Gotong royong, Bernalar
Kritis, Kreatif, Dan Berkebhinekaan Global, maka dibutuhkan pendidik yang
terampil dan berkompeten sehingga mampu berkontribusi secara aktif dalam
mewujudkan profil tersebut. Nilai dan guru penggerak antara lain:Mandiri, Reflektif,
Kolaboratif, Inovatif Berpihak pada murid
Inkuiri Apresiatif
Inkuiri Apresiatif dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA yang berusaha fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap anggota dan menyatukannya untuk menghasilkan kekuatan tertinggi. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Dengan demikian, dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan.
Tahapan BAGJA
Inkuiri sebagai salah satu model manajemen perubahan di sekolah dan dapat diterapkan melalui tahapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).
Visi murid merdeka
Menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi
murid sepertinya sudah menjadi hal yang umum diinginkan semua pihak. Visi
merupakan impian/harapan cita-cita yang ingin dicapai oleh warga sekolah. Visi
sekolah dijadikan sebagai cita-cita bersama warga sekolah dan segenap pihak
yang berkepentingan pada masa yang akan datang, mampu memberikan inspirasi,
motivasi, dan kekuatan pada warga sekolah dan segenap pihak yang
berkepentingan. Visi saya sebagai pendidik ingin “Mewujudkan generasi mandiri
yang sehat, cerdas ceria, berkarakter dan berakhlak mulia.” Disini dibutuhkan
peran dan fungsi pemangku kepentingan untuk mewujudkan visi sekolah, maka
pendidik dan sekolah dapat memetakan pihak pihak yang terkait untuk ikut
mewujudkan visi. Dengan memetakan kekuatan pemangku kepentingan sesuai peran
dan tanggungjawabnya.
Implementasi Perubahan positif yang
diperlukan di sekolah
Memperhatikan visi yang sudah terbentuk, diperlukan implementasi
perencanaaan dan strategi untuk melaksanakannya. Perubahan positif yang dapat
dilakukan disekolah saya terkait visi adalah sebagai berikut:
1. Pembiasaan akhlak mulia pada anak didik
2. Pembentukan
karakter mandiri disekolah
3. Program
menjaga lingkungan yang sehat, indah, aman dan nyaman bagi anak didik
4. Menumbuhkan
cinta budaya daerah sesuai potensi anak
5. Merealisasikan visi murid merdeka
Rancangan Tindakan Aksi Nyata
PRAKARSA PERUBAHAN |
Pelibatan Orangtua dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah sehat
yang indah, aman, dan nyaman untuk anak didik |
|
TAHAPAN |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk
menjawab pertanyaan |
B-uat
pertanyaan (Define) |
·
Apa saja yang
dapat dilakukan demi mewujudkan lingkungan sehat yang indah? ·
Kegiatan
apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkan lingkungan sehat yang indah? ·
Siapa saja yang
dapat terlibat dalam upaya ini? ·
Kapan waktu
pelaksanaan yang ideal? ·
Apa saja
yang saya butuhkan dalam kegiatan ini? |
·
Mengidentifikasi
keadaan lingkungan sekolah. ·
Berdiskusi
dengan teman sejawat dan menggali informasi dari orang tua ·
Mengajak
kolaborasi teman sejawat, orang tua dan stakeholder lainnya ·
Mencari
hari sebelum pelaksanaan penerimaan raport ·
Mencari
referensi di internet, dan sumber informasi lainnya |
A-mbil
pelajaran (Discover) |
·
Manfaat apa
yang dapat diperoleh anak didik pada kegiatan ini? ·
Apakah
kegiatan ini efektif untuk mewujudkan lingkungan sehat? ·
Aktifitas
belajar apa yang dapat saya berikan kepada anak didik, pada kegiatan ini? ·
Keterampilan
apa yang saya miliki untuk menciptakan lingkungan sehat?
|
·
Diskusi
dengan teman sejawat, dan orangtua sesuai filosofi KHD ·
Bertukar
pendapat dengan orangtua, dan mencari informasi pada sekolah yang telah
melaksanakan kegiatan ini ·
Berdiskusi
dengan teman sejawat tentang aspek perkembangan anak ·
Refleksi
diri sendiri dan menamung pendapat teman |
G-ali mimpi
(Dream) |
·
Apakah anak
didik akan menyukai kegiatan ini? ·
Apakah lingkungan
sehat ini dapat menjadikan anak nyaman belajar? ·
Apakah
dengan kegiatan ini merdeka belajar dan potensi anak akan terwujud? ·
Apa tindak
lanjut dari program ini jika berhasil? |
·
Membuat
data dari testimony anak didik ·
Mengumpulkan
data dari pendapat berbagi pihak ·
Menentukan
aspek perkembangan anak yang dapat dimunculkan ·
Melakukan
perawatan dan pemeliharaan lingkungan |
J-abarkan
rencana (Design) |
·
Apa langkah
yang saya ambil untuk mewujudkan kegiatan memperindah lingkungan sekolah
sehat? ·
Apa target
yang ingin dicapai? ·
Kapan
pelaksanaan kegiatan ini? ·
Bagaimana
cara untuk memberi motivasi pada anak didik? |
·
Mengajak
teman sejawat membuat perencanaan ·
Mendefinisikan
lingkungan sehat, indah dan nyaman ·
Mengidentifikasi
kalender pendidikan ·
Merancang
kegiatan kolaborasi bersama bunda/ orang tua |
A-tur
eksekusi (Deliver) |
·
Siapa saja
yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? berperan sebagai apa
saja? ·
Kapan dilaksanakn
kegiatan ini? ·
Siapa yang
akan membantu saya merancang
lingkungan yang sehat dan indah? ·
Bagaimana
cara kerja kegiatan ini? ·
Kapan waktu
yang tepat untuk dilakukan? |
·
Mengajukan
perencanaan kepada Kepala sekolah, mengajak teman sejawat dan orang tua. ·
Mengidentifikasi
kalender pendidikan sebelum akhir semester ·
Mencari
bakat setiap guru di lembaga, memberi kesempatan orang tua untuk ikut andil
dalam kegiatan ·
Mengajak
orangtua anak untuk aktif dalam penyediaan materi sampai pelaksanaan ·
Sebelum
kelulusan akhir semester |
LATAR BELAKANG
1. Vakumnya kegiatan parenting dikarenakan masa pandemic yang
berkepanjangan
2. Memberdayakan lahan kosong disekolah
3. Mengupayakan lingkungan sehat yang indah aman dan nyaman bagi warga
sekolah
4. Mendukung upaya pelaksanaan merdeka belajar bagi anak
Tujuan:
1. Melibatkan orangtua sebagai asset pendukung visi sekolah
2. Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, indah, aman dan nyaman
3. Mengajarkan anak untuk peduli lingkungan
4. Menanamkan karakter profil
pelajar pancasila gotong royong
Mewujudkan suasana belajar berpusat pada anak
Langkah langkah tindakan
1. Mengajukan izin kepada kepala sekolah
2. Merancang kegiatan bersam teman sejawat
3. Sosialisasi kepada orang tua/ wali murid
4. Realisasi kegiatan
5. Dokumentasi
6. Apresiasi
7. Refleksi
Indikator Keberhasilan
Terwujudnya lingkungan sekolah sehat yang indah, aman dan nyaman untuk anak didik dan seluruh warga sekolah
Salam Bahagia
Salam Merdeka Belajar
TERIMAKASIH KEPADA
KELUARGA BESAR PAGUYUBAN WALI MURID
TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 LAWANG
BAGUS Bu telah memahami materi antar modul , semoga segera mengimplementasikan di sekolah daa lingkungannya
BalasHapusTerimakasih Bu atas motivasinya
BalasHapusLuar biasa ibu, sangat menginspirasi. Semoga segera terwujud impian ibu di sekolah
BalasHapus