2.2.a.10.2 JURNAL REFLEKSI MINGGU KE - 13
Oleh : Filailatut Tasrika, S.Pd
CGP - Angkatan 2- Kabupaten Malang
Model 5: Connection, Challenge, Concept. Change
Connection
Kamis, 5 Agustus 2021, kami para CGP mendapatkan elaborasi pemahaman dari instruktur. Materi sosial emosional sangat relevan untuk dipelajari seorang guru. Keterampilan mengelola emosi wajib dikuasai, minimal dapat mengendalikan diri baik ketika berhadapan dengan rekan sejawat, wali murid, dan juga berhadapan dengan anak didik. Karena guru merupakan bagian dari masyarakat sosial di lembaga sekolah, yang terdiri dari warga sekolah yang bermacam macam karakter. Ada kepala sekolah, rekan guru, wali murid, anak didik dan juga masyarakat sekitar sekolah. Terutama ketika di dalam kelas, pengendalian sosial emosional sangat dibutuhkan seorang guru dalam memberikan pembelajaran. Mulai dari kesadaran diri sendiri, sampai keterampilan sosial. Keterampilan ini juga sebagai modal utama untuk ditransfer kepada anak didik. Guru juga berkewajiban untuk memberikan keterampilan Sosial Emosional kepada mereka, yang dapat di integrasikan dengan kegiatan belajar.
Challenge
Berbagai tambahan pengetahuan kami dapatkan dari kegiatan elaborasi ini. Banyak pengalaman dan masukan dari teman teman CGP lain yang dapat dijadikan inspirasi bagi saya untuk dikembangkan di sekolah. Keterampilan sosial emosional sendiri telah ada dalam kurikulum di TK tempat saya mengabdi, setiap minggunya kami telah atur per harinya pembelajaran 6 aspek untuk anak didik, termasuk didalamnya aspek sosial emosional. Dengan tambahan pengetahuan dari CGP ini saya mendapatkan ilmu dan teknik baru dalam memberikan pembelajaran soaial emosional. Teknik teknik ini dapat saya praktekkan secara rutin, terintegrasi dengan pembelajaran dan budaya positif.
Concept
Pembelajaran sosial emosional untuk anak usia dini tentu berbeda dengan SD dan tingkat lanjutan lainnya. Di TK mengedepankan pembiasaan sebagai teknik yang tepat untk pembelajaran keterampilan sosial emosional. Teknik STOP juga sangat relevan dipraktekkan di TK untuk dapat belajar menenangkan diri dan mengendalikan emosi. Teknik STOP juga sangat dibutuhkan guru untuk dapat menenangkan diri dan mengendalikan emosi saat menemui berbagai karakter dan kejadian yang tak terduga dalam pembelajaran bersama anak didik.
Change
Bagi saya dari semenjak kuliah S1 pembelajaran sosial emosional memang pembelajaran yang membuat mustami'nya mengantuk. Padahal didalamnya sangat penting untuk diketahui dan pahami. Setelah mengikuti CGP dan mempelajari modul 2.2 ini mata dan hati saya terbuka, betapa pentingnya keterampilan sosial emosional ini bagi guru, bagi anak didik dan bagi semua orang yang hidup berdampingan dalam masyarakat. Saya akan menerapkan pembelajaran keterampilan sosial emosional ini di setiap tempat dimana saya berada. Dan juga akan meng integrasikan keterampilan sosial emosional ini dalam pembelajaran di kelas saya.
Salam guru penggerak
Merdeka belajar
Komentar
Posting Komentar