2.1.a.6 REFLEKSI TERBIMBING

Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.
CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang

  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran  di kelas Anda? 

Selama ini kami guru TK selalu disibukkan dengan admunistrasi perencanaan perangkat pembelajaran yang harus sesuai aturan dari “atasan”/ kebijakan dari panduan pelaksanaan pembelajaran. Dan seringkali ketika pengawas melakukan supervise ke lembaga kami beliau memperhatikan, meninjau dan mengkritisi RPP yang kami buat. Maka jadilah RPP kami memiliki tujuan pembelajaran yang lengkap dari semua aspek perkembangan. Pun demikian ketika kami dalam masa pendidikan PPG, dosen juga mendidik kami untuk menyertakan tujuan pembelajaran per aspek perkembangan. Ketika diskusi presentasi ini kami mendapatkan angin baru bahwa tujuan pembelajaran cukup 1 saja setiap hari, meskipun semua aspek perkembangan tetap diberikan. Dan juga bahwasannya RPP cukup memuat Tujuan pembelajaran, Langkah langkah dan Asesmen.


  1. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Di TK pengelompokan berdiferensiasi secara praktek sudah dilakukan, namun untuk memetakan adalah hal baru bagi kami. Jadi semoga hal ini bukan menjadi hambatan bagi kami untuk melakukan perubahan positif dengan terbiasa memetakan kebutuhan belajar anak didik kami. Pelaksanaan pembelajaran berdifernsiasi akan menjadi sulit diterapkan jika didalam satu kelas terdapat banyak anak didik dengan guru yang terbatas, karena TK biasanya satu kelas satu guru.


  1. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi akan terlaksana dengan baik jika kapasitas murid sesuai dengan jumlah guru yang ada, kedua, sarana dan prasarana yang memadai, ketiga, kolaborasi dan dukungan dari rekan guru sangat dibutuhkan. Kemauan dan dedikasi dari mereka menentukan pembelajaran berdiferensiasi dapat terlaksana dengan baik.


  1. Jika Anda menghadapi sebuah situasi, dimana kebutuhan belajar siswa Anda tidak dapat diakomodasi oleh pembelajaran berdiferensiasi beranikah Anda mengambil risiko untuk memodifikasi pembelajaran Anda, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum atau tidak sesuai dengan sistem yang ada? Jelaskan pendapat Anda dengan alasannya.

Betul sekali, kita akan berhadapan dengan system yang sudah ada, dan tentunya tantangan dari teman sendiri, juga dari pengawas TK akan muncul. Saya akan mencoba berani untuk memulai dari diri saya sendiri dan kelas saya dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, karena semua dilakukan demi terwujudnya pembelajaran yang merdeka, menyenangkan dan bermakna bagi anak didik.



Berani mulai dari diri sendiri

Salam Guru Penggerak

Merdeka Berinovasi





Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

3.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi - Kerja Kelompok