2.1.a.6 REFLEKSI TERBIMBING
- Dari apa yang sudah Anda
pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi
permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?
Selama ini kami guru TK selalu disibukkan
dengan admunistrasi perencanaan perangkat pembelajaran yang harus sesuai aturan
dari “atasan”/ kebijakan dari panduan pelaksanaan pembelajaran. Dan seringkali
ketika pengawas melakukan supervise ke lembaga kami beliau memperhatikan,
meninjau dan mengkritisi RPP yang kami buat. Maka jadilah RPP kami memiliki
tujuan pembelajaran yang lengkap dari semua aspek perkembangan. Pun demikian
ketika kami dalam masa pendidikan PPG, dosen juga mendidik kami untuk menyertakan
tujuan pembelajaran per aspek perkembangan. Ketika diskusi presentasi ini kami
mendapatkan angin baru bahwa tujuan pembelajaran cukup 1 saja setiap hari,
meskipun semua aspek perkembangan tetap diberikan. Dan juga bahwasannya RPP
cukup memuat Tujuan pembelajaran, Langkah langkah dan Asesmen.
- Apa yang menurut Anda sulit
untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?
Di TK pengelompokan berdiferensiasi secara
praktek sudah dilakukan, namun untuk memetakan adalah hal baru bagi kami. Jadi semoga
hal ini bukan menjadi hambatan bagi kami untuk melakukan perubahan positif
dengan terbiasa memetakan kebutuhan belajar anak didik kami. Pelaksanaan pembelajaran
berdifernsiasi akan menjadi sulit diterapkan jika didalam satu kelas terdapat
banyak anak didik dengan guru yang terbatas, karena TK biasanya satu kelas satu
guru.
- Jika Anda harus menerapkan hal
yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau
bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi akan
terlaksana dengan baik jika kapasitas murid sesuai dengan jumlah guru yang ada,
kedua, sarana dan prasarana yang memadai, ketiga, kolaborasi dan dukungan dari
rekan guru sangat dibutuhkan. Kemauan dan dedikasi dari mereka menentukan
pembelajaran berdiferensiasi dapat terlaksana dengan baik.
- Jika Anda menghadapi sebuah
situasi, dimana kebutuhan belajar siswa Anda tidak dapat diakomodasi oleh
pembelajaran berdiferensiasi beranikah Anda mengambil risiko untuk
memodifikasi pembelajaran Anda, meskipun hal tersebut mungkin tidak umum
atau tidak sesuai dengan sistem yang ada? Jelaskan pendapat Anda dengan
alasannya.
Betul sekali, kita akan berhadapan dengan system
yang sudah ada, dan tentunya tantangan dari teman sendiri, juga dari pengawas
TK akan muncul. Saya akan mencoba berani untuk memulai dari diri saya sendiri dan
kelas saya dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, karena semua
dilakukan demi terwujudnya pembelajaran yang merdeka, menyenangkan dan bermakna
bagi anak didik.
Berani mulai dari diri sendiri
Salam Guru Penggerak
Merdeka Berinovasi
Komentar
Posting Komentar