1.3.a.10.2 JURNAL REFLEKSI MINGGU - 6
CGP - 2 - Kabupaten Malang
Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.
MODEL : 5R (Reporting, Responding, Relating, Reasoning,
Reconstructing)
Sabtu, 12 Juni 2021
Reporting (Mendeskripsikan)
Satu minggu berlalu, ilmu dan pengetahuan bertambah lagi di pendidikan guru penggerak ini. Inkuiri Apresiatif adalah hal baru dan istilah tersebut cukup asing di telinga saya. Dalam modul visi penggerak ini saya mendapatkan pengalaman baru yaitu mengelola program sekolah dengan menerapkan alur BAGJA. Secara praktek, sebetulnya kita telah melaksanakan tahapan alur BAGJA tersebut, hanya saja tidak tertulis langkah langkahnya. Baru sekarang saya tahu bahwa musyawarah intern bersama di sekolah mengandung penerapan alur BAGJA. Berbicara tentang BAGJA, di modul 1.3 ini CGP mendapatkan tugas untuk menerapkan alur BAGJA di sekolah. Saya mengambil tema “Menumbuhkan cinta budaya sesuai potensi anak didik”. Ide ini muncul karena lokasi lembaga saya berada masih pure desa yang kental akan tradisi gotong royong, rukun, guyub dan rajin bekerja yang kebanyakan sebagai petani. Di sisi lain teknologi juga merambah penduduknya, terutama ibu ibu muda dengan anak anaknya. Sikap, perilaku, gaya hidup dan bahasanya sudah banyak terkontaminasi dengan pengaruh yang diberikan teknologi (HP).
Responding (Merespon)
Melihat fenomena tersebut saya berinisiatif untuk memberikan pembelajaran cinta budaya daerah kepada anak didik saya dengan tajuk kegiatan “Sabtu Cinta Budaya”. Budaya ada beragam banyaknya seperti, tari, bahasa dengan unggah ungguhnya, makanan khas, tradisi warga, permainan tradisional dan masih banyak lagi. Rencana saya akan menjadwal ragam budaya itu bergiliran dilakukan setiap sabtu sambil mengobservasi kemampuan/ potensi budaya yang dimiliki anak didik.
Relating (Mengaitkan)
Ketika berbicara tentang budaya, maka akan berkaitan dengan bangsa. Karena budaya adalah cermin suatu bangsa. Dalam bahasa sansekerta budaya berkaitan dengan budi dan akal manusia. Filosofi Pendidikan dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara juga menyebutkan bahwa pendidikan adalah tempat berseminya kebudayaan. Tujuan pendidikan yang digagas adalah mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 kompetensi karakter. Maka sangat sesuai jika saya berusaha menumbuhkan cinta budaya pada anak didik saya. Harapan saya dari program yang saya canangkan ini, semoga anak didik saya menjadi generasi yang sopan santun, berbudi, dan berakhlak mulia melalui pendekatan budaya daerah meskipun hidup dizaman teknologi yang canggih seperti sekarang.
Reasoning (Menganalisis)
Saya bersama teman sejawat mengidentifikasi, bagaimana langkah kami mewujudkaan program cinta budaya ini, apakah akan mendapatkan dukungan dari orangtua atau teman sejawat lainnya?, hambatan hambatan yang akan menghadang?, kira kira dengan kegiatan cinta budaya di sekolah adakah dampak yang akan diperoleh?, berapa besarnya biaya yang akan dikeluarkan?. Dan berbagai pertanyaan berkecamuk dipikiran. Akan tetapi jika berfikir semua dilakukan untuk kepentingan anak didik dan generasi kedepan, maka hambatan sebesar apapun pasti akan dilalui dengan mudah. Sembari merancang kegiatan saya mencari informasi adakah lembaga lain yang pernah melakukan kegiatan yang serupa disekolahnya? dengan demikian saya dapat menggali pengalaman merka untuk dapat diterapkan di lembaga saya.
Reconstructing (Merancang
ulang)
Positif thinking adalah salah satu kekuatan kami sebagai seorang
pendidik. Berani maju dan berusaha semaksimal mungkin. Rencana kegiatan ini
akan kami realisasikan pada periode tahun pelajaran berikutnya yaitu 2021-2022,
karena memang saat sekarang adalah masa akhir semester 2. Rancangan kegiatan
ini akan kami desain secermat mungkin dengan kalkulasi kelebihan dan
kelemahannya sekaligus. Kita akan memanfaatkan sumberdaya dan potensi yang ada
disekitar lingkungan sekolah termasuk warga setempat. Semoga rencana program
ini terwujud dengan lancar dan sukses.
"Any good teacher knows how important it is to connect with students and understand our culture"
(Adora Svitak)
"Setiap guru yang baik tahu betapa pentingnya untuk terhubung dengan siswa dan memahami budaya kita"
💓
TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang (pos 2)
Komentar
Posting Komentar