MELATIH SIKAP KERJASAMA "COOPERATIVE" ANAK USIA DINI
Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.
Salah satu diantara 6 aspek perkembangan yang harus ada dalam pendidikan anak usia dini adalah Sosial Emosional. Karakteristik anak usia 4-6 tahun di TK adalah masa egosentris bagi mereka. Setiap anak ingin menunjukkan eksistensi dirinya masing masing melalui sikap, tingkah laku, perbuatan dan ucapan nya. Ingin di perhatikan, ingin disanjung, ingin diakui keberadaan dan kepandaian mereka oleh orang disekitarnya. Terkadang orang disekitarnya merasa terganggu dan risih dengan tingkah laku mereka. Namun, bagi seorang pendidik, wajib mengetahui bahwa mereka sedang ingin diperhatikan, dan wajib memberikan fasilitas agar mereka dapat menyalurkan eksistensi dirinya.
Di TK tentu mereka bertemu dengan teman yang memiliki berbagai karakter. Wajib hukumnya bagi seorang pendidik untuk mengenal satu persatu karakter dari setiap anak didik. Hal ini diperlukan untuk membantu guru dalam memberikan stimulus yang tepat sasaran bagi setiap anak didik. Dan lagi lagi bermain merupakan metode paling tepat dan populer yang dipilih pendidik untuk kegiatan pembelajaran di TK.
Mengembangkan rasa peduli dan kerjasama antar teman dapat dipilih kegiatan bermain yang melibatkan banyak personal. Hal paling sederhana yaitu permainan bola beregu, gobak sodor, lomba ketangkasan dan lain lain. TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pos 2 berada di lingkungan pedesaan yang masih asri dan sejuk udaranya. Berhalaman luas sehingga dapat memungkinkan untuk memberikan permainan beregu yang dapat mengembangkan sosial emosional anak dalam kerjasama/ "cooperative"
Beberapa permainan berkelompok yang pernah dilakukan antara lain:
Permainan bola berantai :
Permainan ini menuntut anak untuk dapat bekerjasama satu sama lain dalam kelompok/ tim. Memindahkan bola dari tangan ke tangan tanpa jatuh sampai ke garis finish berupa keranjang bola.
Manfaat yang dapat diambil dari permainan ini, anak akan lebih berhati hati dalam bermain, tidak ceroboh, dapat bertanggungjawab untuk menyelesaikan tugasnya, serta dapat berkolaborasi dengan teman tim nya. Ketika selesai melaksanakan tugasnya anak bersorak gembira jika menang, dan kecewa ketika kalah. Disini pentingnya mengenalkan emosi gembira dan juga kecewa, dengan demikian guru dapat memotivasi kembali agar anak berusa lebih maksimal dalam bekerjasama dengan timnya.
Permainan Memindah Bola kecil
Permainan ini memanfaatkan media yang lebih ringan yaitu kerudung dan bola kecil. Cara bermainnya yaitu guru menyediakan selembar kerudung tipis yang digunakan untuk mengangkut bola kecil dalam jumlah banyak. Tiap regu beranggotakan lima orang anak. Satu orang bertugas memasukkan bola bola kedalam kerudung, dan empat lainnya bertugas membawa kerudung dengan cara memegang empat sudut kerudung berisi bola. Tantangannya lebih berat ketika angin bertiup, karena kerunga dan bola yang ringan. Nah disinilah kerjasama tim dibutuhkan untuk dapat mengatasi masalah yang dihadapi di perjalanan sampai garis finish.
Pemberian tugas kelompok
Hal kecil yang bisa dilakukan bersama dalam kelompok juga dapat mejadi alternatif kegiatan dalam rangka melatih sikap kerjasama pada anak didik. Misalnya, pada saat tema profesi anak anak kita ajak terjun langsung mengamati petani di sekitar sekolah. Kita bentuk tim masing masing kelompok harus mengamati, apa saja yang dijumpai di tengah persawahan. Ketika telah selesai pengamatan, guru memberikan pertanyaan seputar hasil pengetahuan yang didapat anak. Puncaknya, guru dapat memberikan tugas kepada anak untuk menuangkan pengamatannya kedalam bentuk karya, misalnya menggambar, membuat bentuk seni rupa, sya'ir, atau keterampilan seni lainnya. Setiap kelompok pasti akan bermusyawarah untuk membuat apa. Tanpa sadar, kita telah mengembangkan sikap mereka dalam kerjasama "cooperative" dalam kelompok nya.
Masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan para pendidik PAUD untuk mengembangkan sikap kerjasama pada anak didik, semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi semua yang membaca. Terimakasih.. kritik dan saran selalu saya tunggu untuk meningkatkan diri dalam menulis.
TERUNTUK ALUMNI 2019-2020
TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 LAWANG POS 2
TERIMAKASIH TELAH MENJADI ANAK DIDIK YANG HEBAT
Komentar
Posting Komentar