3.3.a.7 Demonstrasi Kontekstual Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid
oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.
CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang
Menanamkan karakter positif Anak Didik
Melalui Program ‘Kebunku Sahabatku”
TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang
A. LATAR BELAKANG
Setiap sekolah dipastikan memiliki aset yang dapat diberdayakan untuk mendukung program sekolah. TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang adalah sekolah yang berlokasi dekat dengan persawahan dan memiliki lahan kosong dibelakang sekolah. Maka dalam upaya memberdayakan aset sekolah untuk memberikan program berpihak pada anak, dipilihlah program kebunku sahabatku.
Program kebunku sahabatku merupakan sebuah program sekolah dengan tujuan untuk menanamkan karakter positif pada anak, meliputi cinta lingkungan sejak dini, tanggungjawab, disiplin, kritis, kreatif dan inovatif yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran. Hal ini selaras dengan visi sekolah yaitu “Mewujudkan generasi mandiri yang sehat cerdas ceria, berkarakter dan berakhlak mulia”. Program ini bermaksud memberdayakan aset lingkungan berupa lahan kosong dibelakang sekolah dan juga memberdayakan modal manusia berupa pelibatan orangtua dan petani sekitar sekolah, untuk memberikan pembelajaran menyenangkan dan bermakna bagi anak didik.
B. Program ini dirancang dengan pendekatan BAGJA sebagai berikut:
C. Rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran dan Pelaporan (Monitoring, Evaluation, Learning, Reporting)
1. Monitor/ Monitoring dilakukan oleh semua warga sekolah: anak didik, guru, kepala sekolah, orangtua dan warga sekitar/ petani
Pertanyaan kunci:
- Apakah program kebunku sahabatku dapat berjalan dengan baik?
- Sejauh apa manfaat dan tujuan program dapat menanamkan karakter positif anak didik?
- Apa hambatan yang muncul dalam upaya menanamkan karakter positif (cinta lingkungan, tanggungjawab, disiplin, kritis, kreatif dan inovatif) dalam program kebunku sahabatku?
2. Evaluasi/ Evaluation: dilakukan secara berkala dan menyeluruh terhadap program ini oleh kepala sekolah, guru dan orangtua.
- Apakah aktivitas dalam program kebunku sahabatku telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan?
- Adakah perubahan karakter positif anak didik yang terlihat sejak dimulainya program hingga saat ini baik disekolah maupun saat dirumah?
- Apakah kelebihan dan kekurangan dalam program ini?
3. Pelajaran/ Learning: Hasil evaluasi digunakan sebagai rencana tindak lanjut dan perbaikan pada kegiatan selanjutnya
- Hal positif apa yang dapat di ambil dari hasil evaluasi yang telah dilakukan?
- Perbaikan seperti apa yang dapat dilakukan pada kegiatan berikutnya?
4. Pelaporan/ Reporting: Guru sebagai koordinator membuat laporan lisan dan tulisan terperinci secara berkala kepada kepala sekolah dan disampaikan kepada orangtua dengan membuat laporan kemajuan yang terukur dari waktu kewaktu, mulai dari awal pelaksanaan sampai batas waktu yang ditentukan sebagai tahap awal program. Laporan berisi data perencanaan, pelaksanaan, waktu, dokumentasi, evaluasi, tindak lanjut dan catatan catatan pendukung lainnya yang dikemas secara rapi
5. Gambaran kegiatan: (rencana tanggal 12 Oktober - 12 November 2021)
a. Minggu pertama:
- Komunikasi dengan kepala sekolah
- Musyawarah dengan orangtua
- Membuat rencana kegiatan bersama rekan sejawat melibatkan anak didik
- Mulai mengolah tanah dengan didampingi petani sekitar
- Membuat dokumen awal yang diperlukan
- Evaluasi awal
b. Minggu kedua:
- Mempersiapkan alat, bibit, dan bahan lainnya
- Anak menanam bibit di kebun didampingi guru
- Mulai observasi hasil menanam setiap hari
- Anak bertanggungjawab merawat tanamannya terintegrasi dengan pembelajaran setiap hari.
- Guru selalu memberi motivasi
- Mencatat segala perubahan yang terlihat
- Evaluasi minggu kedua
c. Minggu ketiga:
- Melakukan perawatan kebun bersama
- Orangtua menjadi motivator untuk merawat kebun bersama anak didik
- Mengobservasi perkembangan perilaku dan karakter anak
- Evaluasi minggu ketiga
d. Minggu ke empat:
- Observasi berkala terhadap proses dan hasil yang sudah berjalan
- Tetap merawat kebun setiap hari
- Mengumpulkan dokumentasi
- Melakukan evaluasi
6. Pelibatan orangtua:
- Sebagai pendukung dalam pemikiran, tenaga, penyediaan alat dan bibit,
- Serta motivator bagi anak didik baik saat disekolah maupun saat dirumah.
7. Strategi:
- Guru selalu berkomunikasi dengan orangtua baik melalui whatsapp maupun secara tatap muka untuk keterlaksanaan program kebunku sahabatku
- Guru memonitor dan memotivasi anak didik untuk mengingatkan tanggungjawab nya
Salam Guru Penggerak
Salam Merdeka Belajar
Komentar
Posting Komentar