3.3.a.10.2 Jurnal Refleksi Minggu - 24
Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.
Klik Portofolio guru penggerak
CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang
Model Driscoll
WHAT?
Modul 3.3 tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid telah dilalui dengan baik. alur MERRDEKA telah mencapai pada aksi nyata. Alhamdulillah saya dan teman CGP lainnya merasa senang dan bahagia mengalami alur tersebut. Saatnya membuat rancangan tindakan aksi nyata, di sekolah masing masing. Saya mengambil tema kebunku sekolahku sebagai aksi nyata, karena melihat aset yang ada di sekolah yang memiliki lingkungan alam yang subur, tanah yang luas, serta aset manusia yang dapat diberdayakan seperti orangtua, dan petani sekitar sekolah. Mulai dari perencanaan sampai pelaksnaan saya lakukan bersama rekan sejawat dengan alur yang runtut. Komunikasi dengan Kepala sekolah, koordinasi dengan orangtua, pewakaf tanah sekolah dan petani yang akan mendampingi pelaksanaan program kebunku sahabatku. Alhamdulillah, banyak orang tua anak didik yang berprofesi sebagai petani, sehingga dapat mendukung secara aktif program ini. Dibalik program kebunku sahabatku, memiliki tujuan untuk menanamkan karakter positif pada anak didik, antara lain: cinta lingkungan, tanggungjawab, disiplin, aktif, kreatif dan inovatif. Ketika pelaksanaan pada hari H, semua yang terlibat sangat gembira dan antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Orangtua membawa bermacam macam bibit sayuran untuk ditanam dan beberapa alat tanam. Guru telah siap mendampingi dan membimbing anak didik, Anak anak terlihat gembira bergulat dengan tanah yang basah.
SO WHAT?
Rangkaian peristiwa dan pembelajaran yang saya alami dalam aksi nyata ini sangat berharga bagi saya. Rasa bahagia dan bersyukur kembali terucap karena saya sudah terjaring dalam program guru penggerak angkatan 2 ini. Banyak sekali ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang dapat menjadi inspirasi dalam implementasi di sekolah. Sama halnya dengan teman teman CGP lainnya, mereka juga terasa bahagia dengan program ini. Tanpa terasa modul demi modul terselesaikan sampai postest akhir dengan berbagai suka duka didalamnya, namun sangat bermakna dan bermanfaat. Sekolah mendapatkan perubahan positif, rekan sejawat merasa tergerak untuk berpartisipasi dalam program yang saya gagas, orangtua yang mendukung, anak didik yang senang dan gembira dengan pembelajarannya, itu semua merupakan kepuasan tersendiri bagi saya. Dalam pelaksanaannya, program kebunku sahabatku juga mengalami kendala kendala kecil, namun kendala itu tidak berpengaruh pada kelanjutan kegiatan hari ini, karena solusi telah ditemukan dengan tepat. Kendala tersebut misalnya petani yang kemarin mengolah tanah awal, tidak dapat hadir mendampingi anak anak saat berkebun, tetapi alhamdulillah, ada beberapa orangtua yang berprofesi sebagai petani, alhasil beliau dapat mendampingi kegiatan berkebun anak anak.
NOW WHAT?
Kegiatan dari program kebunku sahabatku telah terealisasi sampai pada pelaksanaan menanam sayuran di kebun. Kelanjutan setelahnya adalah memonitoring secara berkala, terkait program yang digagas, tujuan program, imbas yang diharapkan pada anak didik, kelebihan dan kekurangan, pendukung dan penghambatnya, dan lain sebagainya. Saya akan memonitoring kelanjutan dari program ini bersama rekan sejawat, anak didik, orangtua, warga sekitar/ petani dan sebagainya. Berharap mendapatkan hasil yang diidamkan dalam upaya Menanamkan karakter positif Anak Didik Melalui Program ‘Kebunku Sahabatku”TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang. Semoga aksi nyata ini menuai hasil yang positif, sehingga dapat dilanjutkan pada periode berikutnya. Melalui program PGP ini CGP mulai dapat berpikir aktif, kreatif dan efektif untuk membuat ide ide program berkelanjutan di sekolah. Saya berkeinginan, selalu mengajak rekan sejawat untuk lebih meberdayakan aset yang dimiliki sekolah untuk membuat program yang berdampak positif pada murid. Karena dukungan rekan sejawat merupakan dukungan awal terlaksananya suatu program yang di rencanakan. Semoga terwujud. Aamiin...
Komentar
Posting Komentar