3.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 21
Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.
CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang
Model: 5R (Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Reconstructing)
Reporting
Seperti biasanya, lokakarya merupakan hal yang paling saya nantikan dalam program CGP ini, karena saat itulah saya dapat merasakan berada dalam satu keluarga yang saling berbagi pengalaman dan solusi yang dapat diadopsi untuk penerapan materi materi PGP di lapangan. Modul 3.2 tentang pemimpin pengelolaan sumber daya sangat sarat akan hal baru bagi saya pribadi. Pengetahuan ini kelak akan bermanfaat bagi saya sebagai ibu rumah tangaa, sebagai guru ataupun sebagai warga masyarakat. Alur merdeka dilanjutkan dengan elaborasi pemahaman dari instruktur dan diskusi dengan semua CGP Kabupaten malang.
Reponding
Lokakarya telah memberikan saya pencerahan dan masukan masukan baru bagi saya, sharing dan berbagi praktik baik dari CGP Kecamatan lain telah mamberi ide yang dapat di terapkan di sekolah saya. Elaborasi pemahaman sarat akan materi dan pengalaman CGP disekolah masing masing. Disini saya mendapatkan pembelajaran bahwa, untuk mengelola sumberdaya, berdayakan dahulu aset yang dimiliki sekolah semaksimal mungkin
Relating
Apapun hal baik yang saya terima dalam proses PGP ini akan saya terapkan di sekolah secara bertahap. Pengetahuan modul 3.2. yang saya dapat pada elaborasi akan saya terapkan dalam aksi nyata. Alhamdulillah saya mendapatkan ide setelah berdiskusi dengan anak didik di kelas. Mereka ingin memiliki buku bacaan yang lebih beragam dari yang sekarang.
Reasoning
Melalui Pembelajaran materi diatas, saya belajar untuk menganalisis kekuatan aset yang ada di sekolah. Diantaranya, modal manusia dari anak didik, orangtua, rekan sejawat dan kepala sekolah, semua saya libatkan dalam proses berpikir dan menggali ide. Tidak perlu mahal yang penting berdaya dan manfaat. Rencana pojok baca di kelasku menjadi topik perubahan yang akan saya bawa dalam aksi nyata ini.
Reconstructing
Setelah menganalisis kekuatan aset, saya dan semua warga sekolah merancang bersama apa, bagaimana, kapan, berbentuk seperti apa dan sebagainya pojok baca yang di idamkan.Buku yang sudah ada akan dibenahi dan ditambah dengan buku baru melalui sumbangan ataupun kolaborasi dengan orangtua untuk pengadaannya. Saya berharap semoga pojok baca ini adalah perubahan positif yang menyenangkan dan bermanfaat bagi semua warga sekolah. Kedepannya, saya dan rekan sejawat akan belajar dan berlatih memberdayakan kekuatan aset yang dimiliki untuk kemashlahatan sekolah yang lebih luas. Kolaborasi dan keharmonisan kerjasama akan di pertahankan dan di tingkatkan untuk mencapai pendidikan sekolah sesuai visi sekolah dan berpihak pada anak didik.
Komentar
Posting Komentar