2.1.a.10.2 JURNAL REFLEKSI MINGGUAN -10

 Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.

CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang

REFLEKSI MODEL 4 F (Fact, Feelings, Findings, Future)

Fact (Peristiwa)

Pada minggu ini kami para CGP mempelajari materi Pembelajaran berdiferensiasi, yaitu pembelajaran yang berpihak pada kebutuhan belajar setiap individu murid. Sungguh ilmu yang bermanfaat bagi kami para pendidik. Banyak sekali masukan dan pencerahan yang saya dapatkan pada materi kali ini. Baik dari instruktur, fasilitator, teman se jenjang (TK) dan juga teman lintas jenjang. Kolaborasi dalam membuat RPP berdiferensiasi membuka mata saya akan kemerdekaan guru sebagai pemimpin management kelas.  Guru memiliki peran yang besar dalam menciptakan pembelajaran berdiferensiasi dikelas. Mulai dari memetakan kebutuhan belajar murid, membuat perencanaan yang dapat menfasilitasi kebutuhan murid, sampai membuat perencanaan asesmen yang sesuai dengan kegiatan masing masing anak. Kebingungan biasa terjadi pada kami para CGP untuk mengolah instrumen yang tepat dalam pembuatan RPP. Alhamdulillah berkat kolaborasi dan masukan dari teman teman kita dapat membuat semua menjadi lebih mudah.

Feelings (Perasaan)

Mendapat pengetahuan baru merupakan kebanggan tersendiri bagi saya. Bersyukur saya ucapkan bahwa saya bisa tergabung dalam seleksi CGP kemarin. Karena memang banyak hal dan ilmu ilmu yang bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik TK. Ingin sekali saya segera melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dikelas secara tatap muka. Tetapi untuk sementara selama PPKM saya hanya dapat menerapkan nya melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). memanfaatkan group whatsapp. Ketika saya mencoba satu moment belajar secara berdiferensiasi kemarin terlihat anak sangat senang, tidak merasa terbebani. Hal ini sangat menggembirakan bagi saya, kiranya setelah pembelajaran tatap muka, saya akan melihat wajah wajah ceria mereka saat belajar.

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran berdiferensiasi ini memberikan saya petunjuk yang cukup lengkap bagaimana saya harus melayani kebutuhan belajar masing masing anak didik di kelas. Mulai dari kesiapan anak, minat belajar dan juga profil belajar anak. Kegiatan bisa beragam dengan produk hasil karya yang beragam pula. Kreativitas guru dituntut untuk berani berinovasi. Mungkin dengan kolaborasi kelas antar anak didik dan guru, berdiskusi apa yang di inginkan mereka dalam belajar, cara apa yang mereka sukai akan dapat menciptakan metode belajar yang dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna bagi mereka.

Future (Penerapan)

Keyakinan dan keberanian yang saya miliki menjadi modal dasar untuk memulai menerapkan apa yang saya dapatkan dalam materi pembelajaran berdiferensiasi ini di lingkungan kelas. Minimal saya mulai dari diri saya sendiri, untuk kemudian saya tularkan kepada kelas lain berkolaborasi dengan teman sejawat. Semoga semua berjalan lancar dan sukses, sehingga apa yang dinamakan merdeka belajar benar benar terwujud di sekolah kami. Aamiin...

.

Terimakasih 

Salam Bahagia - Merdeka Belajar



Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

3.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi - Kerja Kelompok