1.3 AKSI NYATA PENERAPAN ALUR BAGJA

MEMBERDAYAKAN KOMUNITAS PRAKTISI DALAM UPAYA MENUMBUHKAN CINTA BUDAYA DAERAH SESUAI POTENSI ANAK  MELALUI PROGRAM SABTU BUDAYA

DI TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 LAWANG

Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.

CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang

A.     LATAR BELAKANG

Perkembangan anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai hal yang ada disekitar anak. Paling utama adalah pendidikan keluarga. Pembiasaan dan kebiasaan yang dilakukan dilingkup keluarga secara tanpa sadar telah membentuk sikap dan perilaku anak. Mencermati era saat ini, sepertinya budaya sopan santun mulai terkikis oleh zaman dan teknologi. Budaya budaya daerah dan nasional seakan terpinggirkan oleh budaya asing yang dengan mudah masuk dan merasuki anak didik kita melalui gadjet nya. Mulai budaya bahasa sopan (unggah ungguh dalam adat jawa). Tari, music, permainan, makanan dan tradisi lain sudah jarang diminati anak dan orang dewasa. Keperihatinan ini yang mengusik guru sehingga membuat langkah program menumbuhkan cinta budaya sesuai potensi anak didik.

Peran orangtua dan keluarga dalam hal ini adalah sebagai teladan dan pemberi tuntunan. Maka guru berinisiatif untuk memberdayakan orangtua sekaligus dalam upaya menumbuhkan cinta budaya ini. Komunitas yang ada di sekolah dimanfaatkan sebagai wadah komunikasi sekaligus aksi yang aktif. Semua program kegiatan yang dicanangkan akan kembali kepada anak didik. Komunitas parenting terdiri dari anggota anggota yang memiliki potensi berbeda yang dapat dijadikan sumber belajar bagi anak anak. Tercetus ide untuk membuat program khusus yang berkelanjutan dengan nama “Sabtu Budaya”. Dimana anak akan dikenalkan dengan budaya daerah sejak dini khusus di hari sabtu. Sehingga tidak mengganggu aktifitas belajar di hari lain.

 

B.       TUJUAN AKSI NYATA

Tujuan dari kegiatan aksi nyata di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang adalah sebagai berikut:

1.      Menumbuhkan cinta budaya sejak dini

2.      Menggali potensi budaya yang dimilliki anak

3.      Aplikasi pembelajaran berpusat pada anak

4.      Membentuk komunitas praktisi

5.      Memberdayakan potensi orangtua dalam komunitas praktisi

 

C.      DESKRIPSI AKSI NYATA

Upaya menumbuhkan cinta budaya daerah pada anak TK ‘Aisyiayah Bustanul Athfal 4 Lawang dilakukan dengan strategi melibatkan dan memberdayakan orangtua dalam komunitas praktisi yang telah terbentuk yaitu group paguyuban sekolah. Musyawarah dilakukan dengan cara virtual karena berada pada masa pandemic. Pertemuan selanjutnya dapat dilaksanakan secara tatap muka setelah masa darurat covid -19 telah berakhir. Orangtua bukan hanya sekedar komunitas pasif, tetapi juga sebagai pemberi materi sesuai keahlian masing masing yang dimiliki. Sebelumnya guru telah melakukan analisis kegiatan menumbuhkan cinta budaya daerah sesuai potensi anak dengan langkah langkah BAGJA. (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi).  Penerapan cinta budaya direncanakan ketika anak didik telah masuk sekolah secara tatap muka. Dilakukan secara rutin pada hari khusus dalam satu minggu yaitu hari sabtu.

LANGKAH LANGKAH

1.      Guru berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat terkait rencana kegiatan

2.     Guru melibatkan paguyuban wali murid untuk ikut andil dalam komunitas cinta budaya

3.   Musyawarah bersama group wali murid secara virtual, dengan agenda bertanya jawab tentang program sekolah yang dapat dilanjutkan ataupun yang dapat diperbaharui, membentuk susunan kepengurusan

4.    Guru dan komunitas mencari informasi budaya daerah yang dapat diberikan kepada anak didik

5.      Guru merancang kegiatan apa saja yang dapat di aplikasikan pada kegiatan cinta budaya

6.   Komunitas dapat melibatkan sumber belajar lain yang berkompeten dan sejalan dengan pemikiran komunitas.

7.      Pelaksanaan dilakukan setelah pandemic berakhir

8.  Cinta budaya akan di demonstrasikan melalui pentas seni anak minimal di akhir tahun pelajaran

9.      Dokumentasi berupa foto, video, file, dan lainnya

10.  Melakukan evaluasi , refleksi dan perbaikan  secara berkala

 

D.     HASIL DARI AKSI NYATA

Musyawarah yang dilakukan secara virtual mendapatkan respon positif dari orangtua anak dari kelompok A maupun kelompok B. Peserta meeting saling terbuka untuk berkomunikasi dan tukar pendapat, terkait program sekolah yang telah dilaksnakan dan rencana yang akan di agendakan. Komunitas praktisi cinta budaya telah terbentuk. Rencana program kegiatan telah diajukan. Tinggal penerapan secara nyata di lapangan. Semoga dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

 

E.      PEMBELAJARAN YANG DAPAT DIAMBIL

1.      KEBERHASILAN

Memberdayakan komunitas praktisi dalam hal ini adalah paguyuban orang tua, merupakan salah satu langkah yang tepat terkait dengan pembelajaran kepada anak didik. Dengan melibatkan orangtua setidaknya terdapat variasi kegiatan yang dapat mendukung dan mengembangkan potensi masing masing anak.  Bakat dan keahlian anggota komunitas dapat diberikan kepada anak didik. Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan respon positif dari orangtua. Kesediaan untuk ikut aktif dalam program merupakan langkah awal yang baik untuk tindak lanjut dikemudian hari.

 

2.      KEGAGALAN

Kegegalan masih belum tampak pada saat ini, karena pelaksanaan kegiatan yang masih tertunda karena pandemic. Tantangan terbesar adalah bagaimana komunitas cinta budaya inii dapat langgeng dan berperan selalu aktif dalam upaya menumbuhkan cinta budaya dikalangan anak didik. Kekompakan dan kerjasama yang solid sangat diperlukan.

 

F.       RENCANA PERBAIKAN

Rencana perbaikan akan dapat dilaksanakan ketika telah dilakukan eksekusi dilapangan. Komunikasi aktif setiap anggota perlu dilakukan secara berkala walaupun melalui group whatsapp. Guru akan selalu memantau kegiatan dan keaktifan komunitas cinta budaya secara intensif. Memberikan masukan dan referensi kegiatan yang dapat diagendakan.

 

G.     DOKUMEN KEGIATAN

a

PRAKARSA

PERUBAHAN

MENUMBUHKAN CINTA BUDAYA DAERAH SESUAI POTENSI ANAK

TAHAPAN

Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

·           Apa saja yang budaya daerah yang dapat saya kenalkan kepada anak didik?

·           Kegiatan apa yang dapat saya lakukan untuk menumbuhkan cinta budaya pada anak didik?

·           Siapa saja yang dapat terlibat dalam upaya menumbuhkan cinta budaya?

·           Kapan waktu pelaksanaan yang ideal?

·      Mencari informasi dari warga setempat, buku, ensiklopedia online dan lain lain.

·      Berdiskusi dengan teman sejawat dan menggali informasi dan potensi anak didik.

·      Mengajak kolaborasi teman sejawat, orang tua dan sumber belajar lainnya.

·      Mengidentifikasi hari efektif dan hari santai dalam satu minggu

A-mbil pelajaran (Discover)

·           Manfaat apa yang dapat diperoleh anak didik pada kegiatan ini?

·           Apakah kegiatan ini efektif untuk menumbuhkan cinta budaya ?

·           Aktifitas apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkan cinta budaya ?

·           Keterampilan apa yang saya miliki untuk mengenalkan budaya daerah?

·      Diskusi dengan teman sejawat, mencari informasi yang akurat dari sumber berita

·      Mencari lembaga yang sudah pernah melakukan kegiatan serupa

·      Mengidentifikasi kemampuan diri dengan bantuan teman

G-ali mimpi (Dream)

·           Apakah anak didik akan menyukai kegiatan ini?

·           Apakah cinta budaya ini akan bertahan lama?

·           Apakah dengan cinta budaya ini dapat memunculkan potensi anak didik?

·           Apa tindak lanjut dari program ini jika berhasil?

·      Membuat data dari testimony anak didik

·      Membuat jadwal pelaksanaan dengan variasi kegiatan

·      Mengamati perkembangan anak didik, jenis budaya yang dominan dikuasai

·      Merencanakn acara pekan budaya di sekolah

J-abarkan rencana (Design)

·           Apa langkah yang saya ambil untuk mewujudkan kegiatan cinta budaya?

·           Apa target yang ingin dicapai?

·           Berapa lama kegiatan cinta budaya berlangsung?

·           Bagaimana cara untuk memberi motivasi pada anak didik?

·      Mengajak teman sejawat membuat perencanaan

·      Membuat daftar macam budaya yang akan di berikan

·      Mengidentifikasi kalender pendidikan

·      Merancang pentas budaya untuk ajang demonstrasi dan ekspresi

A-tur eksekusi (Deliver)

·           Siapa saja yang akan saya libatkan dalam mewujudkan rencana ini? berperan sebagai apa saja?

·           Kapan dimulai pelaksanaan kegiatan cinta budaya?

·           Siapa yang akan membantu saya mengenalkan budaya yang saya belum mahir?

·           Bagaimana teknik observasi potensi anak dalam budaya tertentu?

·           Kapan waktu yang tepat untuk unjuk kebolehan anak didik dalam cinta budaya?

·           Bagaimana model acara yang bisa saya rancang untuk pentas budaya?

 

·      Mengajukan perencanaan kepada Kepala sekolah, mengajak teman sejawat dan orang tua.

·      Mengidentifikasi kalender pendidikan sebelum akhir semester setiap sabtu secara terjadwal

·      Mencari bakat setiap guru di lembaga, memberi kesempatan orang tua dengan bakat budaya tertentu

·      Membuat catatan lengkap potensi setiap anak didik dan mengelompokkannya

·      Pertengahan semester atau akhir semester

·      Acara pekan budaya dengan puncak acara pentas seni


Permohonan Izin kepada Kepala Sekolah

Diskusi virtual dengan kepala sekolah dan rekan sejawat


Komunikasi melalui group WA



Diskusi virtual guru, orangtua dan anak didik



Catatan Notulensi musyawarah virtual guru, orangtua dan anak didik

Senin, 19 Juli 2021

1.      Pembukaan : salam dan do’a

2.      Sambutan dari bu Nurul Handayani, S.Pd.

Terkait program sekolah dan pembelajaran di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang. Bahwasannya dilaksanakan secara daring pembelajaran jarak jauh sampai waktu diperbolehkannya pembelajaran tatap muka

Pembelajaran dengan moda daring secara bervariasi, berupa modul tugas belajar, dan pembelajaran dengan media virtual. Memanfaatkan, sosial media, youtube, zoom meeting dan google meet.

3.      Diskusi tanya jawab dan sharing ide

Guru bersama orangtua mencermati pelaksnaan pembelajaran tahun sebelumnya dan memberikan ide untuk pelaksanaan perbaikan di tahun 2021-2022

4.      Musyawarah bersama bu Filailatut Tasrika, S.Pd.

Menggali mimpi bersama program menumbuhkan cinta budaya daerah sesuai potensi anak. Mulai dari bahasa, ragam seni, makanan khas, permainan teradisional, musik dan tari.

Program kegiatan dilaksanakan ketika sudah ada tatap muka.

Kegiatan cinta budaya disebut sebagai sabtu budaya.

Komunitas cinta budaya diketuai oleh ibu Umi Faridha.

Kepengurusan yang lain dapat dibentuk setelah tatap muka berlangsung

Diskusi dapat dilanjutkan melalui group whatsapp

5.       Penutup 


TERIMAKASIH

Kepada

SEGENAP KELUARGA BESAR 

TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 LAWANG







Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

3.1.a.4.3. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Forum Diskusi Eksplorasi Konsep