Aksi Nyata 2.1.a.10 Pembelajaran Berdiferensiasi


PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KEBUTUHAN BELAJAR ANAK SECARA DARING DI TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATFHAL 4 LAWANG

 Oleh : Filailatut Tasrika, S.Pd.

CGP Angkatan 2 Kabupaten Malang

A. LATAR BELAKANG

Masa usia 0-5 tahun dikatankan sebagai masa golden age atau masa keemasan anak, dimana perkembangan anak berkembang sangat pesat, peka dan menakjubkan. Orangtua dan guru seyogyanya menjadi motivator yang aktif pada masa ini. Stimulus yang diberikan akan menghadirkan respons respons yang menakjubkan dari sang anak. Potensi potensi dan kemampuan masing masing anak akan tampak dengan sendirinya, tergantung stimulus yang diberikan. Setiap anak adalah unik, karakter, watak, sifat, dan kemampuan mereka tidak boleh disamaratakan dengan yang lain. Kodrat anak sudah ada sejak dia lahir, kita sebagai orang dewasa yang berada disampingnya harus sadar dan memaklumi keunikan mereka. Dengan memahami setiap kodratnya, akan membawa pengaruh positif pada perkembangan anak nantinya. 

Jika orangtua dirumah harus dapat memahami satu anaknya dengan yang lain, begitu pula dengan guru di sekolah, harus juga dapat memahami kebutuhan belajar masing masing anak. Mulai dari kesiapan belajar, minat, dan juga profil belajarnya. Lingkungan, budaya, gaya visual, auditory, dan kinestetik merupakan salah satu hal yag dapat diperhatikan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran di kelas. Minat anak juga menjadi pertimbangan. Dengan demikian anak akan merasa nyaman dan merdeka dalam menempuh pendidikannya di seokolah. Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu teknik bagi guru untuk menyusun kegiatan belajar di kelasnya. Guru membuat berbagai kegiatan yang beragam untuk memenuhi berbagai kebutuhan belajar anak. Diharapkan anak akan belajar dengan semangat, giat dan bertanggungjawab terhadap tugasnya, karena telah memilh kegiatan yang disukainya dalam belajar

Berdasarkan pemaparan diatas, guru berinisiatif untuk memulai pembelajaran berdiferensiasi dari sekarang, meskipun dalam keadaan PJJ /Pembelajaran Jarak Jauh.

B. TUJUAN AKSI NYATA

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi secara daring di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang bertujuan untuk:

  1. Memberikan pembelajaran secara daring
  2. Menfasilitasi kebutuhan belajar anak yang berbeda
  3. Menumbuhkan sikap percaya diri dan tanggungjawab anak
  4. Menerapkan karakter profil pelajar pancasila
  5. Mewujudkan merdeka belajar berpusat pada anak didik.
C. DESKRIPSI AKSI NYATA
Pembelajaran berdiferensiasi di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang dilaksanakan diawal tahun pelajaran 2021-2022. Tema yang diambil adalah Diri sendiri dengan Sub tema Identitas diri. Pembelajaran dilaksanakan secara daring, untuk keas A dan B karena memang masih berada pada masa PPKM di pandemi covid 19. Guru telah melakukan pemetaan kebutuhan belajar anak terlebih dahulu untuk menyusun RPP berdiferensiasi ini

LANGKAH LANGKAH
  1. Guru mensosialisasikan pengetahuan pembelajaran berdiferensiasi kepada Kepala sekolah dan rekan sejawat.
  2. Merancang RPP pembelajaran berdiferensiasi secara daring dan penilaiannya. KLIK RPP
  3. Bersama teman sejawat memetakan anak berdasarkan minat dan profil belajarnya
  4. Guru menyusun rencana teknik pelaksanaan pembelajaran.
  5. Komunikasi dengan orangtua melalui Whatsapp
  6. Pembelajaran tatap muka virtual menggunakan googlemeet
  7. Guru memberikan pembelajaran yang melayani semua kebutuhan belajar anak: visual, auditory, dan kinestetik. 
  8. Guru menyampaikan bahwa anak bebas dalam memilih model produk tugas yang dihasilkan berdasarkan minatnya.
  9. Dokumentasi berupa foto, video dan file
  10. Melakukan refleksi, evaluasi dan rencana perbaikan
D. HASIL DARI AKSI NYATA

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan secara daring telaha mendapat respons positif dari orangtua, sehingga dengan senang hati mereka mendampingi putra putrinya belajar, mulai dari pelaksanaan google meet sampai pengumpulan tugas hasil karyanya dengan baik. Anak dengan senang hati melakukan tugasnya baik secara virtual online maupun tugas offline. Ada yang berupa video, audio, foto dan juga hasil karya lainnya.Beberapa dari mereka menghimbau agar kegiatan pembelajaran seperti ini dilanjutkan di kemudian hari. 

E. PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI AKSI NYATA
KEBERHASILAN
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terlaksana dengan baik dan lancar, respon positif dan dukungan dari orangtua menambah keberhasilan pembelajaran yang dilalaui anak didik. Tugas yang diberikan baik online maupun offline dilakukan dengan penuh tanggungjawab dan penuh percaya diri. Anak mulai berani untuk menunjukkan kebolehannya memperkenalkan dirinya dihadapan teman dan guru serta berani dalam aksi menghasilkan produk yang disukainya. 

KEGAGALAN
Sebanyak 90% anak didik telah mengikuti dan melaksanakan tugas belajar daring ini dengan baik. Namun tetap masih ada kendala dari beberapa anak didik yang orangtuanya tidak memiliki perangkat HP/ Laptop. Ada juga yang orangtuanya pekerja pabrik sehingga tidak dapat mengikuti dan mendampingi putra putrinya belajar. Ada pula yang mengeluh karena ketiadaan pulsa internet untuk melaksanakan virtual meeting dan sebagainya.

F. RENCANA PERBAIKAN
Mencermati keberhasilan dan kegagalan yang dihadapi, guru memilih dan memilah hal hal baik untuk diterapkan dan ditingkatkan di kegiatan selanjutnya. Perbaikan akan dilaksanakan terutama dalam pelayanan/ fasilitas kepada anak yang belum memiliki gadjet/ perangkat belajar. Tentu hal ini tak akan terjadi jika pembelajaran secara tatap muka dikelas. Untuk quota pulsa internet, ini adalah kendala umum sejak adanya pembelajaran daring. Entah mengapa dari dulu pulsa internet dari pemerintah tidak semua wali murid mendapatkannya dan tidak berfungsi apapun bagi yang menerimanya. Apalagi sekarang tidak ada lagi pembagian pulsa belajar. Hal ini juga menjadi perhatian guru bagaimana mengambil sikap dalam pembelajaran, karena memperhatikan kondisi wali murid yang hampir semuanya adalah pekerja menengah ke bawah mayoritas petani padi, sekolah tidak akan terlalu sering melakukan pembelajaran daring melalui google meet.
Tindak lanjut penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini akan dilaksanakan dengan baik saat pembelajaran tatap muka disekolah sebentar lagi, semoga pandemi segera berakhir, semoga Allah mengabulkan, aamiin.

G. DOKUMENTASI KEGIATAN
Gambar: Pelaksanaan pembelajaran virtual G meet




Rekaman video petunjuk guru dan hasil karya anak


Hasil karya anak 



TERIMAKASIH
SALAM HEBAT SALAM MERDEKA BELAJAR





Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

3.1.a.4.3. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Forum Diskusi Eksplorasi Konsep