AKSI NYATA 1.3 (VISI GURU PENGGERAK)

Pelibatan Orang tua Dalam Upaya Mewujudkan Lingkungan Sekolah Sehat Yang Indah, Aman dan Nyaman untuk Anak Didik 

TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang


Oleh : Filailatut Tasrika, S.Pd.

 CGP Angkatan 2-Kabupaten Malang

A.      LATAR BELAKANG

Lembaga pendidikan adalah tempat persemaian benih benih kebudayaan yang dinamis dengan segala keberagaman sejalan kodrat alam dan zaman. Setiap sekolah memiliki visi yang di impikan dan di harapkan. Visi sekolah mencerminkan karakter pendidikan disekolah tersebut. Selama mengikuti pendidikan calon guru penggerak, pendidik mendapatkan berbagai pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi pengembangan diri sendiri dan juga lembaga sekolah. Salah satunya adalah bagaimana seorang guru memiliki harapan kepada anak didiknya yang tertuang dalam visi guru bahkan menjadi visi sekolah.

Visi sekolah dirumuskan berdasarkan tujuan yang akan dicapai dalam pendidikan disebuah lembaga sekolah. Visi dapat terwujud dengan kerjasama dan kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan yang ada di sekolah dan sekitarnya. Komponen intern dan eksten masing masing memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai visi sekolah. Salah satunya adalah orang tua anak didik, warga sekitar sekolah dan stakeholder lainnya.

Mengamati keadaan sekolah TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Lawang khususnya Pos 2 masih membutuhkan banyak pembenahan disana sini karena memang usianya yang masih baru dirintis, kami sebagai guru penggerak mencoba untuk membuat perubahan positif sesuai visi yang dirumuskan yaitu “Mewujudkan generasi mandiri yang sehat, cerdas ceria, berkarakter dan berakhlak mulia”, dengan sebuah aksi nyata bertajuk Pelibatan orangtua dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah sehat yang indah, aman dan nyaman untuk anak didik. Dengan memanfaatkan loyalitas parenting yang selama pandemic nyaris tidak ada kegiatan atau vakum sama sekali dan terdapat lahan sekolah yang kosong. Diharapkan dengan aksi ini dapat menjadikan sekolah lebih sehat, indah dan nyaman bagi seluruh warga sekolah.

Segala terobosan dan perubahan positif dilakukan dalam rangka mewujudkan pelaksanaan merdeka belajar bagi anak didik. Dengan lingkungan yang sehat anak akan merasa nyaman dan betah belajar dengan hati yang gembira. Karena lingkungan yang sehat merupakan salah satu pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran.

B.      TUJUAN AKSI NYATA

Aksi nyata Visi Guru Penggerak melibatkan pemangku kepentingan untuk mencapai visi sekolah secara berkolaborasi, dengan tujuan sebagai berikut:

1. Melibatkan orangtua sebagai asset pendukung visi sekolah

2. Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, indah, aman dan nyaman

3. Menanamkan karakter profil pelajar pancasiala yaitu “gotong royong”

4. Mengajarkan anak untuk peduli lingkungan

5. Mewujudkan suasana belajar berpusat pada anak didik


C.      DESKRIPSI AKSI NYATA

Aksi nyata visi guru penggerak “pelibatan orangtua dalam upaya mewujudkan lingkungan sehat yang indah aman dan nyaman untuk anak didik berlangsung tahap demi tahap, melalui proses berkelanjutan. Dilakukan pada awal bulan juni 2021, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan  dengan langkah langkah sebagai berikut:

1. Guru mengajukan rencana kegiatan aksi kepada kepala sekolah

2. Guru bersama teman sejawat bermusyawarah dengan pemangku kepentingan     di lembaga yaitu takmir masjid dan warga tetangga sekolah

3. Guru membuka komunkasi melalui dunia maya atau whatsapp

4. Guru dan teman sejawat melakukan pertemuan dengan orangtua untuk bermusyawarah

5. Keputusan dibuat melalui musyawarah bersama dilaksanakan dengan sepenuh hati, antara lain:

👉Setiap anak membawa tanaman bunga yang tahan terhadap panas matahari untuk ditanam di area pagar sekolah

👉Tanaman yang tahan panas antara lain jenis puring dan lili paris

👉Anak boleh membawa jenis tanaman lainnya sebagai pelengkap

👉Boleh juga membawa Pot dan media tanam (pupuk / kompos)

👉Pelaksanaan kerja bhakti / gotong royong pada hari rabu, 16 Juni 2021

👉Orangtua yang berkesempatan/ tidak sibuk dirumah, dimohon hadir dengan membawa alat menanam.

6. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara kolaborasi anak, guru dan orangtua, untuk mengajarkan anak sikap gotong royong.

7. Guru dan anak didik merawat serta melihat perkembangan tanaman setiap hari

8. Guru memberikan apresiasi dan penghargaan kepada anak didik, orangtua dan stakeholder lainnya atas kerjasamanya

9. Dokumentasi berupa foto kegiatan

10. Melakukan refleksi dan perbaikan

 

D.      HASIL DARI AKSI NYATA

Kegiatan yang melibatkan orangtua disambut dengan gembira dan antusias. Respons positif diberikan dengan segala dukungan yang dibutuhkan. Baik dukungan moril, material dan juga tenaga serta pikiran untuk mewujudkan lingkungan sekolah sehat yang indah, aman dan nyaman. Orangtua menyadari bahwa lingkungan sekolah sangat mempengaruhi pola pembelajaran di sekolah. Suasana yang indah dan nyaman diharapkan menjadi salah satu motivasi bagi anak didik untuk senang datang ke sekolah, melakukan kegiatan merdeka belajar sesuai minat dan karakternya. Alam lingkungan yang tertata juga dapat dijadikan sebagai sumber dan media belajar anak.

Pelaksanaan pelibatan orangtua dalam upaya memperindah sekolah ini juga bermanfaat bagi anak untuk belajar sikap gotong royong secara langsung. Mereka mengamati, mencoba dan berani melakukan kegiatan seperti yang dicontohkan orangtua mereka dalam aksi nyata. Pengalaman langsung seperti ini merupakan guru terbaik bagi anak, dan akan dikenang dalam memori untuk dilaksanakan pula kelak ketika dewasa.

E.       PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT DARI AKSI NYATA

1.       KEBERHASILAN

Aksi nyata visi guru penggerak dengan tajuk “Pelibatan orang tua dalam upaya mewujudkan lingkungan sekolah sehat yang indah, aman dan nyaman”, telah menuai banyak keberhasilan. Perencanaan dan pelaksanaan berjalan dengan lancar dan sukses. Kerjasama orang tua, pemangku kepentingan seperti kepala sekolah, guru dan teman sejawat, takmir masjid di sekolah, dan warga sekitar/ tetangga sekolah, sangat membantu terlaksananya kegiatan aksi nyata. Segala bahan untuk kegiatan didapatkan dari swadaya orangtua yang dengan sukarela memberikan segala yang dibutuhkan untuk kegiatan.  100% jumlah orangtua anak telah memberikan kontribusi tanaman untuk sekolah, dan 95% orangtua dapat hadir untuk pelaksanaan kegiatannya.


Anak didik juga merasakan dampak positif dan pembelajaran bermakna dari pelaksanaan kegiatan aksi.  Anak jadi mengerti dan paham apa dan bagaimana sikap kerjasama dan gotong-royong dapat dilakukan. Anak juga belajar untuk peduli terhadap lingkungan, tanpa sadar mereka belajar untuk bertanggungjawab dalam merawat dan menyayangi tanaman ciptaan  Allah yang telah mereka tanam sendiri.

 

2.       KEGAGALAN

Pelaksanaan kegiatan aksi ini berjalan lancar sesuai dengan perencanaan. Dari segala keberhasilan yang tampak, terdapat sedikit kegagalan yang terdeteksi, yaitu tanaman bunga yang ada masih belum dapat merata ditanam di seluruh lahan yang tersedia di sekolah. Hal ini dikarenakan jumlah murid di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 4 Pos 2 ini masih terbilang sedikit. Jumlah keseluruhan 23 anak, karena tergolong TK baru, sedangkan lahan yang tersedia cukup panjang dan luas meliputi halaman sekolah dan taman bermain outdoor. Semoga di periode selanjutnya dapat diperluas lagi.

 

F.       RENCANA PERBAIKAN

Mencermati keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan aksi nyata tersebut, guru berkesimpulan bahwa keberhasilan yang ada dapat dijadikan sebagai acuan dan pedoman untuk melakukan aksi serupa dimasa mendatang, keberhasilan harus  dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi. Adapun kegagalan yang muncul tentunya harus ada perbaikan dimasa mendatang. Perencanaan yang matang dan pengorgainisiran yang tepat akan mendapatkan hasil yang sempurna. Kegiatan akan berlanjut sampai mendapatkan keindahan dan kenyamanan bagi seluruh warga sekolah. Target selanjutnya adalah lahan yang masih belum tersentuh. Diupayakan variasi tanaman lebih beragam lagi. Pelibatan komponen pendukung visi bisa ditambahkan dari luar lingkungan sekolah, misalnya perancang taman dan sebagainya. Semoga terwujud

 GDOKUMENTASI KEGIATAN



                 





Salam bahagia

Salam merdeka belajar


Terimakasih Kepada

KELUARGA BESAR PARENTING 
TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 LAWANG




Komentar

  1. Mohon masukan dan pencerahan dalam aksi yang saya jalankan ini.. terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

3.1.a.4.3. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Forum Diskusi Eksplorasi Konsep