NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 Oleh: Filailatut Tasrika, S.Pd.


Nilai dan Peran Guru Penggerak

Sejatinya, seorang guru memiliki kehidupan pribadi, keluarga, lingkungan sekolah dan juga lingkungan masyarakat. Guru merupakan teladan bagi anggota keluarga di rumah, murid dan teman sejawat di sekolah dan juga dalam masyarakat luas. Dimanapun berada guru harus memiliki karakter mulia dan luhur. Mampu mengendalikan emosi, menjadi panutan dan teladan dimanapun berada. Dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai pemimpin pembelajaran, sebagai pendorong kolaborasi di tempat kerja, berupaya mewujudkan kepemimpinan murid, guru harus memiliki nilai karakter mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif, dan berpihak pada murid di setiap pembelajaran. Artinya guru berupaya menerapkan merdeka belajar dengan memperhatikan minat, karakter dan gaya belajar anak didik.

Keterkaitan Nilai dan Peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara

Nilai dan peran guru penggerak tidak terlepas dari sebuah cita cita dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila yang dapat menerapkan nilai nilai karakter luhur kelak ketika mereka dewasa dan melanjutkan estafet membangun negeri tercinta. Di pundak guru terdapat tanggungjawab besar untuk mewujudkan hal itu. Guru harus dapat menghantarkan anak didik menjadi generasi yang merdeka dalam bergerak, berekspresi dapat melakukan perubahan positif yang berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat dan tentu saja bagi bangsanya. Nilai dan peran yang harus dimiliki seorang guru menjadi  pedoman untuk mendidik anak bangsa menjadi profil pelajar pancasila yang merdeka, karena seorang guru harus bisa menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada diri anak agar mereka dapat mencapai keselamatan, dan kebahagiaan setinggi tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat Indonesia dan Masyarakat dunia tentunya. Guru berperan mengembangkan kemampuan anak didik sesuai potensi, bakat, minat, kodrat alam dan zamannya. 

Oleh sebab itu Guru penggerak harus memiliki siikap dalam 6 karakter profil pelajar pancasila  untuk diberikan kepada anak didik, sehingga diharapkan generasi 4.0 memiliki karakter beriman dan takwa kepada Tuhan YME, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, kreatif, dan berkebhinekaan global. Adalah sebuah keberhasilan melakukan perubahan jika nilai dan peran  guru penggerak dalam melakukan aksinya disekolah dilakukan dengan baik dan mampu untuk menjadi pelopor perubahan pembelajaran global saat ini, upaya upaya yang dilakukan dalam sebuah perubahan harus memikirkan dampaknya terhadap murid baik disekolah ataupun dilingkungannya.


Strategi sebagai seorang Guru Penggerak

Seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam segala hal terkait dunia pendidikan yang di ampunya. Strategi yang dapat dilakukan sebagai calon guru penggerak, antara lain: 

  1. Berusaha secara Mandiri dalam upaya mengembangkan kemampuan diri, seperti mengikuti diklat diklat, seminar, workshop yang berkaitan dengan pendidikan di sekolah. 
  2. Selalu menilai diri dalam kinerja, atau refleksi dalam upaya meningkatkan mutu dari kinerja dan pembelajaran di sekolah. Refleksi diri dapat dilakukan dengan menilai diri sendiri ataupun meminta orang lain dalam hal ini teman sejawat untuk menilai kita sebagai seorang guru.
  3. Berusaha kolaboratif dan bekerjasama dengan para pelaku pendidikan yang terlibat di sekolah, baik itu kepala sekolah, rekan sejawat, wali murid, pemuka masyarakat dan warga sekitar sekolah. 
  4. Mencari dan mencipta inovasi belajar yang berpihak pada murid melalui komunitas kerja, internet, buku buku, dan lainnya disesuaikan dengan zaman saat ini yaitu era 4.0. abad 21

Pendukung Program Positif Guru Penggerak

Nilai dan peran guru penggerak akan dapat terwujud dan berjalan lancar jika dalam pelaksanaannya terdapat kolaborasi yang baik antar semua pelaku pendidikan. 

  1. Kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan, pengayom dan dapat memberi dukungan yang besar pada program yang direncanakan. 
  2. Guru atau teman sejawat sebagai tim kerja di lapangan yang dapat membantu proses mencari ide dan gagasan, perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi program. 
  3. Orang tua murid dan anak didik juga tidak kalah pentingnya, karena dukungan mereka yang dapat memotivasi putra putri nya aktif mengikuti pembelajaran yang dirancang. 
  4. Selanjutnya, Pemuka masyarakat, warga sekitar, dan juga alam lingkungan sekolah semua dapat menjadi pendukung penting dalam pelaksanaan program pendidikan 

Kesimpulan:

Sebagai seorang guru, kita harus mempersiapkan diri sendiri, berani bergerak untuk memulai pergerakan dan perubahan positif sehingga kelak dapat menggerakkan orang lain untuk menjadi berubah ke arah yang lebih baik.

Guru penggerak siap dalam hal:

  1. Mengembangkan diri dan orang lain 
  2. Memimpin Pembelajaran 
  3. Memimpin Pengembangan sekolah  
  4. Memimpin Management sekolah


SALAM GURU PENGGERAK

MERDEKA BELAJAR

KELUARGA BESAR TK 'AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 4 

LAWANG - MALANG



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.2.a.4. Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

3.1.a.4.3. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Forum Diskusi Eksplorasi Konsep